Introduction

Blackberry Messenger ditantang WhatsApp


VIVAnews - Mempermudah komunikasi penggunanya, Nokia Indonesia hari ini meluncurkan program Break Free, program yang ingin membebaskan pengguna ponsel dari cara-cara konvensional dalam chatting.

Lewat program ini, digabung dengan paket Internet unlimited dari Nokia, pengguna ponsel Nokia dapat menikmati layanan data tanpa batas, termasuk chatting, e-mail, browsing, dan unduh.

Program Internet unlimited ini kedengaran sederhana. Tetapi, sebetulnya misi Nokia tidak sesederhana itu. Di dalamnya, raksasa vendor ponsel asal Finlandia itu menawarkan rival berat bagi BlackBerry Messenger: WhatsApp.

WhatsApp bukan aplikasi instant messaging (IM) buatan Nokia. Ia merupakan aplikasi mobile messenger yang dapat berjalan di atas berbagai platform, termasuk OS BlackBerry, iOS, Android, dan ponsel Nokia berbasis Symbian60.

Sama halnya dengan BlackBerry Messenger, WhatsApp menggunakan akses 3G atau Wi-Fi yang bisa mengirim dan menerima pesan, gambar, catatan suara, pesan video, dan bahkan lokasi Ovi Maps, semudah menggunakan SMS.

Namun, WhatsApp berbeda dengan Yahoo!Messenger atau sejumlah aplikasi IM yang ada saat ini. WhatsApp memanfaatkan nomor pelanggan sebagai username, bukan e-mail. Jadi, jika Anda mempunyai nomor telepon selular, baik Telkomsel, XL, Indosat, dan 3 (Tri), Anda dapat menikmati aplikasi ini.

Nampaknya, ambisi Nokia untuk mencuri pangsa pasar BlackBerry Messenger (BBM) tidak main-main. Jika dibandingkan dengan BBM, tentu saja WhatsApp yang juga bisa berjalan di Android, BlackBerry, dan iPhone memiliki segmen lebih luas. Sebab, ke depan aplikasi ini akan menggantikan fungsi SMS.

"Kami ingin memperlihatkan sebuah dunia tidak memiliki batasan apapun dalam berkomunikasi, baik dari sisi perangkat, operator, dan platform," kata Andrea Facchini, marketing director Nokia Indonesia, di Jakarta, Jumat 8 April 2011.

Sebagai bagian dari program Break Free, Nokia juga mengumumkan peluncuran layanan pembelian berbagai konten premium dari Ovi Store melalui kerja samanya dengan Telkomsel. Melalui layanan ini, pengguna Nokia dapat menikmati konten premium dengan memanfaatkan pulsa prabayar atau akun pascabayar mereka.

Konten premium prabayar hadir dalam berbagai varian dengan harga relatif terjangkau, mulai dari Rp3.000 untuk themes premium, Rp5.000 untuk Angry Birds, Angry Birds Seasons, Farm Frenzy, Real Football Manager 2010, dan game-game EA Premium, dan Rp10.000 untuk aplikasi personal Wi-Fi, seperti JoikuSpot Premium dan game-game berdefinisi tinggi dari pengembang game seperti Gameloft dan EA.

0 komentar:

Poskan Komentar

Satu Komentar Anda Sama Dengan Memberikan Motivasi Untuk Membuat Blog Ini Menjadi Lebih Baik
"Terima Kasih"

Sponsor



Copyright © The KAMPRET